• Surga Tersembunyi

    Nusa penida adalah sebuah kecamatan, yang terdiri dari 3 pulau yang berpenghuni. Luas keseluruhan daratan nusa penida 202.840 kilometer persegi. Pada tahun 2010, terdapat 4.970 hektare lahan pertanian, 4.035 hektare tanah perkebunan, 5.333 hektare hutan rakyat. Luas tanah pertanian dan perkebunan menyusut setiap tahunnya. Pada tahun 2009 luas tanah pertanian 5.421 hektare dan luas tanah perkebunan 8.070 hektare. terdapat 16 desa di kecamatan nusa penida. 14 desa di pulau nusa penida dan 2 desa di pulau lembongan ( lembongan dan jungutbatu ). Desa yang paling luas adalah desa Batukandik (21.660 kilometer persegi), dan yang memiliki luas paling sempit adalah desa toyapakeh (0,650 kilometer persegi). terdapat 3 pasar di kecamatan ini, masing-masingdi desa batununggul, Toyapakeh dan Jungutbatu.

    Jumlah penduduk nusa penida pada tahun 2010, tercatat sebanyak 48.075 jiwa, atau sekitar 13.359 rumah tangga ( kepala keluarga). terdapat 508 orang anak usia antara 7-12 tahun tidak bersekolah, pada tahun 2010. mayoritas penduduk nusa penida bekerja sebagai petani ( termasuk budidaya rumput laut). pada tahun 2010, tercatat 21.624 penduduk bekerja sebagai petani, 2.454 bekerja sebagai peternak, 2.058 orang sabagai nelayan, 1.243 orang bekerja sebagai pedagang. dari 13.359 rumahtangga, hanya 927 rumah tangga yang terlayani air bersih dari perusahan daerah, sisanya memanfaatkan air bersih dari sumur dan cubang penampungan air hujan. terdapat 1.325 rumah tangga miskin di kecamatan nusa penida. Nusa Penida memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan, terutama dari wisata bahari. perairan nusa penida merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia. sehingga perairan nusa penida menyimpan berbagai macam biota laut. hampir diseluruh pesisir nusa penida bisa dilakukan penyelaman.

    Nusa penida juga terkenal dengan munculnya ikan mola-mola yang muncul sekitar bulan september. hal ini menarik minat ribuan wisatawan untuk menyelam bersama ikan langka tersebut. nusa penida juga memiliki perairan yang dipenuhi oleh pari manta, hal ini juga sangat menarik bagi wisatawan. nusa penida memiliki berbagai pantai yang mempesona yang tentu sangat sayang untuk dilewatkan. sampai saat ini, akomodasi pariwisata berkembang pesat sebatas wilayah pulau lembongan dan ceningan. namun di wilayah pulau nusa penida, akomodasi wisata masih terbilang kurang. begitu juga infrastruktur terutama jalan masih jauh dibawah standard. wilayah kepulauan nusa penida masih sangat alami. maka bagi anda yang mencari petualangan baru, tidak salah rasanya untuk datang ke nusa penida

    Derah Nusa Penida di Bali memang tengah naik daun. Di sana dapat dijumpai berbagai pantai dengan latar belakang indah yang belum ramai. Nusa Penida terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Terdapat surga tersembynyi di kawasan pulau ini. Sebelum menikmati pemandangan yang indah, diperlukan perjuangan yang bisa dijadikan refrensi untuk trip tak terlupakan dengan teman-teman.

    Ada 3 cara menuju Nusa Penida. Yakni dengan menggunakan  fast boat dari Pantai Sanur dengan harga tiket 75.000 untuk domestic dan 125.000 untuk tamu manca negara. Jika ingin lebih dekat lagi bisa dari Pelabuhan Kusamba, tarif dari Rp 50.000 untuk domestic dan 100.000 untuk manca negara , penyebrangan rata-rata minimal 30 menit saja.

    Cara lain bisa melewati Pelabuhan Padangbai menggunakan Kapal Roro, tarifnya Rp 35.000 (per orang) ditambah motor Rp 50.000. Waktu penyeberangan 1 jam pada pukul 11.00 WITA ke Nusa Penida dan dari pelabuhan kapal roro pada pukul 10.00 WITA menuju Padangbai.
    Jika ingin backpacker dengan teman-teman dan waktu kurang mendukung (contoh 2 hari saja) bisa explore pantai-pantai yang cantik. Jadi pilihlah fast boat menuju Pelabuhan Bunyuk atau Pelabuhan Sampalan  Nusa Penida. Dan untuk  berkunjung ke pantai andalan Nusa Penida, yakni Pasih Andus, Pasih Uug, Angel Billabong, dan Crystal Bay. Jalannya 1 arah, diawali dengan Pasih Uug terlebih dahulu yang berada di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida.

    Jalan menuju surga ini perlu perjuangan, melewati rumah penduduk. Setelah 1 jam, sampailah kita di ujung Pulau Nusa Penida. Rasakan keindahan dan kedamaian pantai-pantainya dengan gugusan bukit hijau ditambah kesunyian pantai yang membuat damai serta birunya air laut sangat mempesona.

    Jika ingin snorkeling serta diving juga disediakan fasilitasnya. Suasana pantai yang tenang dari ombak diakibatkan di bagian sisi kanan kiri pantai dilindungi oleh hijaunya perbukitan. Jika ingin berpetualang lagi, jangan lupa dengan bukit teletabiesnya Nusa Penida. kita jadi bernostalgia dengan film masa kanak-kanak, rumahnya teletubbies yang berbentuk gundukan indah.

    Selain itu Pantai Atuh juga bisa dijadikan referensi untuk trip petualangan seru. Di sini kesabaran dan kekompakan diuji satu sama lainnya. Jalan yang menanjak rusak, sesampainya di tempat parkir motor traveler harus berjalan selama 25 menit menuju bukit dan menuruni 178 anak tangga yang curam untuk mencapai pantainya

    BANYAK CERITA DAN PENGALAMAN YANG AKAN ANDA CERITAKAN KEPADA KELUARGA, SABAHAT DAN TEMAN ADA YANG AKAN MEMBUAT MEREKA PENASARAN.

     

Leave a comment

If you want to share your opinion, leave a comment.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

WhatsApp chat